WHAT'S NEW?
Loading...

Proses pertukaran informasi menggunakan GNS3

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang terjadinya pertukaran informasi ketika sebuah pc melakukan ping kepada pc yang lainnya. Yang hanya kita ketahui, jika kita berhasil melakukan ping dan mendapatkan reply dari dst pc (pc tujuan) maka kita sudah tersambung dengan pc tersebut. Namun yang terjadi sebenarnya ketika kita melakukan ping ke sebuah pc, akan terjadi sebuah proses dimana source pc (pc yang melakukan ping) akan mengirimkan packet terlebih dahulu kepada seluruh pc yang ada di jaringan lokal, lalu kemudian dst pc (pc tujuan) akan membalas dengan  packet kembali dan dst pc akan memberi informasi tentang mac address pcnya dimanakah ia berada.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat simulasi berikut. Pada kali ini, saya menggunakan topologi yang sederhana seperti berikut ini :

Pertama buka gns3




Masukkan device seperti switch dan vpcs.



Setelah dimasukkan, hubungkan seluruhnya dengan link.


Aktifkan perangkat tersebut, klik start. dan semuanya berubah menjadi warna hijau, lalu buka semua vpcs via console.



Setelah semua console vpcs terbuka, masukkan ip address pada vpcs. Untuk memberikan ip address, dapat kita tuliskan syntax "ip (IP ADDRESS YANG DIINGINKAN)" lalu tekan enter.






Jika sudah berhasil, kita akan mengcapture packet apa saja yang melewati masing masing vpcs. Untuk capture packet, klik kanan pada switch lalu klik capture. 



Kemudian akan muncul pilihan seperti dibawah ini. Port yang dimaksud adalah port physical yang ada pada switch. Pada topologi yang saya buat, port 1 terhubung ke vpcs 1, port 2 terhubung ke vpcs 2, port 3 terhubung ke vpcs 3, dan port 4 terhubung dengan vpcs 4. Karena kita akan melihat packet apa saja yang terkirim kepada semua pc, maka kita buka semuanya.  Lalu akan ada muncul aplikasi wireshark yang mendukung proses capture data. 



Kita akan melakukan ping kepada pc lain dengan perintah ping :                                        

                                                             1. PC1 > PC3                                                           




2. PC2 > PC4




3. PC4 > PC1




4. PC2 > PC3



0 komentar:

Posting Komentar