WHAT'S NEW?
Loading...

Lab 9.8 Instalasi PhpMyAdmin Pada MySQL Di CentOS 7

Assalamualaikum
Pada kali ini ane mau share cara install phpMyAdmin diatas MySQL pada Centos 7. Jadi dengan kita menginstall phpMyAdmin ini, kita ga perlu lagi tuh nyekrip buat bikin database. Oke langsung saja

I. Persiapan

Siapkan server yang sudah terinstall database MySQL, bisa dilihat disini. Kemudian pastikan juga server tersebut sudah dapat konek ke internet. Berikut adalah topologi yang saya gunakan.


II. Konfigurase Server Database

1. Untuk menginstall phpMyAdmin dibutuhkan webserver untuk mengaksesnya, jadi install httpd terlebih dahulu dan paket phpMyAdmin tidak ada di repsitory bawaan centos tapi ada di repository epel. Maka dari itu kita harus menginstall epel dan httpd dahulu.

2. Konfigurasi HTTPD agar dapat membaca file index.php. Konfigurasiya ada pada /etc/httpd/conf/httpd.conf

Pada baris DirectoryIndex tambahkan index.php agar webserver dapat menyajikan halaman index dengan format .php

3. Install phpMyAdmin dan php. Secara default, pada saat menginstall phpMyAdmin tidak otomatis menginstall php sebagai dependenciesnya. Agar halaman .php dapat disajikan webserver, maka install juga phpnya agar halaman phpMyAdmin yang nantinya dibuka tidak menjadi barisan script saja.

4. Konfigurasi halaman phpMyAdmin pada /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin

Kemudian kita akan mengkonfig agar halaman phpMyAdmin ini dapat diakses oleh semua user yang terhubung dengan server ini. Pada tag <IfModule mod_authz_core.c> tambahkan baris Require all granted yang menandakan kalau halaman web ini dapat diakses semua orang.

5. Jalankan dan aktifkan server httpd agar konfigurasi yang baru diubah berjalan

6. Atur firewall agar dapat mengizinkan service http dan mysql. Untuk menambahkan service pada firewall lebih dari satu sekaligus, bisa dengan menggunakan kurung kurawal {service1,service2} kemudian reload firewallnya

7. Buka halaman phpMyAdmin anda pada http://ipserver/phpMyAdmin kemudian login dengan user root anda

8. Selesai sudah, halaman phpMyAdmin ini sudah terbuka


SELESAI


Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar