WHAT'S NEW?
Loading...

LAB 8.10 Load Balancing Apache Web Server

Assalamualaikum

Pada kali ini saya akan melanjutkan tutorial saya tentang apache web server, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang load balancing dan mod proxy, sebelumnya kita telah membahas tentang mod proxy, nah sekarang saya akan mengkombinasikan mod proxy dengan load balancing,

Load Balancing adalah sebuah metode dengan membagi trafik kepada lebih dari 2 server secara seimbang agar tidak terlalu membebankan salah satu server, dari namanya saja kita sudah dapat mengambil pengertian tentang balancing dari kata balance yang artinya keseimbangan

Karena saya melanjutkan dari lab sebelumnya kita hanya perlu menambahkan 1 server terlebih dahulu untuk menjadi BackEnd2 yang pastinya sudah terinstall apache juga


Konfigurasi Server Controller/Frontend 
Kemudian kita harus membuat file konfigurasi pada /etc/httpd/conf.d/ dengan nama bebas selagi masih menggunakan format .conf namun pada kali ini agar memudahkan saya menggunakan nama loadbalance.conf



Kemudian isikan seperti berikut 


Setelah itu serperti biasa lakukan restart layanan httpd agar konfigurasi berjalan




Konfigurasi BackEnd


Untuk membedakan sebelumnua saya sudah mengedit index.html di direktori /var/www/html/ pada masing masing server balancer

BackEnd1 




BackEnd2


Untuk verifikasi, akses web server kita dari client dengan browser 


Maka hasilnya akan menampilkan laman dari BackEnd1 



Coba lakukan refresh 2X, maka hasilnya akan tetap sama yaitu menampilkan laman BackEnd1, sekarang coba lakukan refresh 1X lagi, maka hasilnya akan menampilkan laman dari BackEnd2 
Ini dikarenakan settingan loadFactor yang telah kita setting sebelumnya yaitu server balancing 1 atau backend1 diberikan settingan loadfactor sebanyak 2 kali, sehingga saat dilakukan refresh untuk ke 3 kalinya maka laman akan diarahkan ke server balancing 2 atau backend2 begitu juga pada backend2 jika kita melakukan refresh 1 kali maka laman akan kembali ke laman milik backend1 


SELESAI



Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar