WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Menghubungkan Mikrotik ke Hotspot Wifi Android

Assalamualaikum 

Pada  kali ini saya akan sharing tutorial bagaimana cara Menghubungkan Mikrotik ke Wifi Android
Sebelum konfigurasi, pastikan kalian sudah mempunya Router Mikrotik yang support penggunaan Wireless

Pertama, konfigurasi Wifi dari Androidnya terlebih dahulu, seperti nama SSID. tipe keamanan, dan passwordnya. Pada tutorial ini saya menggunakan Wifi dari Android saya langsung


Jika Wifi Androidnya sudah nyala, sekarang kita konfigurasi Mikrotiknya agar terhubung ke Wifi tersebut. Cek dahulu Interface Wlan pada mikrotik apakah sudah aktif atau belum.
Pada gambar dibawah ini terlihat awalanya interface wlan1 tidak aktif, maka dari itu kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu
interface enable wlan1
Setelah itu lihat kembali status interface wlan1nya, apakah sudah benar benar aktif atau belum


Kemudian, buat Security Profile terlebih dahulu, untuk apa security profile ini? security profile berfungsi sebagai keamanan seperti apa yang dipakai pada suatu wifi tersebut.
Misalkan ada Wifi yang tidak open, atau dengan kata lain pada wifi tersebut ada sandinya, so kita harus tau dulu apa sandi dari wifi tersebut agar mikrotik kita bisa terhubung ke wifi tersebut.

Kita konfigurasi security, keamanan atau sandi yang digunakan pada wifi tersebut di security profile. Ini wajib dibuat jika mikrotik kalian ingin terhubung ke wifi yang ada passwordnya. Lantas bagaimana jika wifi tersebut tidak mempunyai sandi?, jawabannya ya security profile ini tidak perlu dibuat, mengapa? karena pada security profile sudah ada settingan default dari mikrotiknya. Pada security profile default, settingan di dalamnya yaitu "NONE" yang artinya tidak ada settingan keamanan. Kesimpulannya, Security profile ini nantinya akan di arahkan ke konfigurasi Interface Wireless wlan1.


Konfigurasi Security Profile terletak di Interface > Wireless > Security Profiles. Bisa kalian lihat gambar diatas, Untuk namanya itu bebas, hanya pelabelan saja, disitu saya menamakanya "wifiiqbalr", kemudian untuk modenya atur menjadi "dynamic-keys", pada authentication-types itu merupakan type autentikasi atau keamanan apa yang digunakan wifi tersebut, karena tadi di Android saya atur WPA2 PSK. maka disini harus disamakan juga. Kemudian wpa2-pre-shared-key merupakan password/sandinya, karena tadi di Android saya atur passwordnya menjadi "dimasmantep", maka disini juga harus disamakan.
Sekarang konfigurasi Interface wlan1nya. Untuk modennya set menjadi station. Apa arti dari mode ini? Wireless dengan Mode station ini digunakan sebagai wireless client/penerima pada topologi PTP (Point To Point) atau PTMP (Point To Multi Point). Nah, sudah bisa di simpulkan bukan? karena disini saya ingin mikrotiknya menjadi client penerima wifi saja, maka saya mengaturnya menjadi station. Sebenarnya banyak sekali modenya, dan setiap mode memiliki fungsi berbeda beda, untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat Disini. Setelah modenya sudah diatur, kemudian set band nya menjadi 2ghz-b/g/n, Jika sudah, atur security profilenya ke security profiles yang sudah di buat tadi. karena tadi saya membuatnya dengan nama wifiiqbalr, maka disini harus disamakan juga.

Sebenarnya konfigurasi interface wireless wlan ini ada banyak, seperti mengatur frekuensi, channel width, dll. Namun disini saya hanya mengatur beberapa konfigurasi pokoknya saja, dan membiarkan sisanya menjadi seperti default saja.


Kemudian edit SSIDnya 

Karena pada Wifi hotspot Android tadi saya beri SSIDnya dengan nama "Iqbal Ramadhan", maka disini harus disamakan juga.

Jika sudah di setting tekan ctrl+o untuk exit dan save


Kemudian coba lakukan pengecekan terhadap interface wireless yang sudah di konfigurasi tadi untuk memastikan konfigurasinya sudah benar dan sesuai.



Kemudian sekarang coba cek MAC Address routernya untuk memastikan apakah yang terhubung dengan Wifi tersebut benar Router Mikrotiknya?


Karena disini saya tidak tahu IP yang akan di sharing Android pada Wifi yang dipancarkan yaitu IP network yang seperti apa, maka disini untuk mempermudah saya setting IPnya menjadi DHCP saja.
Tambahkan ip dhcp-client ke interface wlan1 kemudian add default routenya
ip dhcp-client add interface=wlan1 add-default-route=yes
Jika sudah sekarang coba cek status IP DHCPnya
ip dhcp-client enable numbers=1

Jika sudah, cek kembali status dhcp-clientnya


Cek kembali apakah Router sudah mendapat IP DHCPnya atau belum


Dan lihat pada gambar diatas, si Router sudah mendapatkan IP Dynamic, atau DHCP


Untuk pengetesan, sekarang coba ping Google


SELESAI


Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar